Ucapan

Kamis, 26 Januari 2012

Tips cara Mengisi & Mengatasi Masalah Pengisian Tinta Pada Cartridge PrinterBocor atau Tersumbat (tidak mau keluar tintanya )


Pernahkan anda menemui masalah ketika sedang mengisi ulang tinta printer anda, seperti kebocoran pada cartridge setelah anda mengisi ulang tinta printer atau malah tintanya macet (cartridge tidak keluar tinta)? Untuk mengatasinya ikutilah langkah-langkah berikut ini:



Lepas cartridge dari printer, buka stiker pada bagian atas cartridge. Akan terlihat lubang pada cartridge printer tersebut (pada cartridge printer merk HP, lubang tersebut langsung terlihat setelah kita melepas stiker cartridge, tapi pada cartridge printer Canon, kita perlu melubangi cartridge tsb dgn jarum yang telah disediakan satu paket ketika kita membeli isi ulang tinta printer).
Isikan tinta pada cartridge sesuai warnanya (tinta hitam untuk cartridge hitam, tinta warna untuk cartridge warna. Hati-hati salah memasukan warna tinta pada cartridge). Isi tinta sebanyak yang anda mau (disarankan jgn terlalu penuh mengisi tintanya sampai meluber ke luar cartridge. Akan lebih baik isi cuma 5-10 cc tinta saja).
Setelah cartridge terisi tinta, bersihkan bagian bawah cartridge dengan tissue. Pakailah kertas tissue yang lembut agar tidak menggores bagian bawah cartridge, karena jika banyak goresan, bisa menyebabkan hasil print-an menjadi kurang bagus atau “rusak”.



Jika terjadi kebocoran pada cartridge setelah isi ulang tinta:
a. Setelah dibersihkan, tp ternyata timbul kebocoran pada bagian bawah cartrige, pukul-pukulkan (hentak-hentakkan) cartridge tsb ke lantai beberapa kali. Pukulkan/hentakkan cartridge tsb dgn kekuatan sedang (jgn terlalu lemah, jgn terlalu keras. Cara ini bertujuan untuk menghentikan kebocoran tinta.
b. Jika belum berhasil, ulangi langkah (a) di atas beberapa kali.
c. Setelah kebocoran pada bagian bawah cartridge berhenti, bersihkan sisa noda tinta yang menempel pada cartridge dengan tissue.
d. Pasangkan kembali cartridge pada tempatnya di printer.
e. Lakukan tes memprint sesuatu (misal dokumen word).
f. Jika hasilnya printnya kurang bagus, lakukan proses Cleaning (program Cleaning merupakan program bawaan pada printer Anda. Anda bisa cari programnya di menu program printer anda).
g. Selesai.


Jika terjadi tinta macet/tersumbat (cartridge tidak keluar tinta), caranya:
a. Tiup lubang pengisian tinta (pada bagian atas cartridge) pada cartridge yang macet (tidak keluar tinta) tadi sampai bagian bawah cartridge-nya keluar tinta.
b. Jika belum berhasil pada tiupan pertama, ulangi terus dengan memperbesar tenaga tiupan kita ke lubang cartridgenya.
c. Jika setelah ditiup ternyata cardrige-nya jadi bocor, pukul-pukulkan (hentak-hentakkan) cartridge printer tsb ke lantai (seperti disebutkan di bagian atas).
d. Bersihkan sisa noda tinta yang menempel pada cartridge dengan tissue.
e. Pasangkan kembali cartridge pada tempatnya di printer.
f. Lakukan tes memprint sesuatu (misal dokumen word).
g. Jika hasilnya printnya kurang bagus, lakukan proses Cleaning (program Cleaning merupakan program bawaan pada printer Anda. Anda bisa cari programnya di menu program printer anda).
h. Selesai.

NB:
1. Jika cara di atas tidak berhasil juga, kayaknya cartridge printer anda sebaiknya diganti dengan yang baru (^_^)
2. Tips pengisian tinta printer di atas merupakan hasil pengalamansaya sendiri yang berhasil saya terapkan untuk printer saya merk HP Tipe D2466 dengan jenis cartridge tipe 21 (cartridge hitam) dan cartridge tipe 22 (cartridge warna). Mungkin berhasil untuk digunain ke printer lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar